Senin, 09 April 2012

Klasifikasi Bahan Makanan

    Bahan makanan (food), adalah bahan alamiah yang dapat menjadi sumber kalori atau dapat memberikan manfaat dalam keberlangsungan proses-proses kehidupan bagi setiap komponen yang dikandungnya.
    Bahan makanan secara umum diklasifikasikan sebagai berikut:
    1. Makro nutrien
    Bahan makanan yang diperlukan dalam jumlah yang relatif besar sebagai sumber kalori kehidupan yang utama maupun sebagai pembentukan sel dan jaringan seperti karbohidrat, lemak, minyak, dan protein.
    2. Mikro nutrien
    Bahan makanan yang secara kuantitatif hanya diperlukan maupun terdapat didalam bahan makanan dalam jumlah relatif kecil. Mikro nutrien walaupun diperlukan dalam jumlah yang relatif sedikit tetapi perannya sangat penting dalam pembentukan senyawa-senyawa atau molekul-molekul dalam tubuh, seperti enzim, hormon, dan sebagainya. Senyawa mikro nutrien ini juga berfungsi sebagai katalisator ataupun sebagai senyawa antara dalam reaksi-reaksi enzimatik dalam proses biokimia di dalam tubuh, seperti peran vitamin B pada reaksi Transaminase didalam penerimaan gugus Amina (NH2).
    Walaupun demikian Mikro nutrien ini tidak mempunyai fungsi dalam pembentukan kalori
    Contoh dari mikro nutrien ini adalah vitamin dan mineral.
    3. Jenis-jenis bahan alamiah dalam makanan yang masih diragukan kegunaannya sebagai sumber kalori maupun peranannya dalam proses kehidupan.
    Jenis-jenis bahan alamiah dalam makanan yang tersebut diatas biasanya disebut Bahan Ikutan (FOOD ADJUCTS) seperti Kafein, Nikotin, Pewarna, glikosida (sianida), dan sebagainya.
    4. Bahan makanan hasil aktifitas mikroba.
    Selain bahan-bahan makanan yang secara alamiah terdapat dalam makanan baik sengaja maupun tidak sengaja ditambahkan, ada kelompok bahan makanan yang merupakan hasil aktifitas (metabolisme) mikroorganisme. Hasil metabolisme mikroorganisme ini ada yang sengaja ditimbulkan atau tidak sengaja ditimbulkan.

    sumber : http://foodchemistry.byethost14.com/?p=76

Tidak ada komentar:

Posting Komentar